Kamis, 23 Agustus 2012

Merangsang Anak Mudah Makan Sayur dengan Gambar


Tips Anak Sehat kali ini menyajikan tips untuk memudahkan anak untuk makan sayur. Memang bukan perkara mudah membuat putra-putri kecil kita menyukai sayuran. Selalu saja makanan ini yang disisihkan, atau bahkan ditolak mentah-mentah dalam sepiring makan mereka.

Namun studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association menemukan, bahwa gambar atau foto-foto sayuran yang tercetak di tempat makan mereka dapat mengunggah selera anak-anak kecil untuk makan sayuran. Bahkan ini mempengaruhi seberapa banyak yang mereka makan.

Studi dilakukan terhadap sekitar 800 murid TK hingga usia kelas lima, yang tempat makan digunakan terdapat gambar kacang hijau dan wortel lalu dibandingkan dengan anak-anak yang makan dari tempat makan yang tidak memampang gambar sayuran

Ternyata, hasilnya cukup signifikan, seperti dilansir dari charleston dailymail.com.

Ketika nampan-nampan makan yang menggunakan foto sayuran, jumlah murid yang menjadi berselera untuk makan kacang hijau meningkat lebih dari dua kali lipat (dari 6,3% menjadi 14,8%) dan yang makan wortel meningkat lebih dari tiga kali lipat (11,6% menjadi 36,8%).

Bahkan lebih baik, pada hari-hari ketika foto-foto yang digunakan, jumlah kacang hijau dikonsumsi lebih dari dua kali lipat (dari 1,2 g menjadi 2,8 g) dan jumlah wortel dimakan hampir tiga kali lipat (3,6 g sampai 10 g).

"Dalam budaya kita hari ini, beberapa anak tidak terkena diet sehat dengan orang tua atau rekan-rekan mereka," kata Elizabeth Pivonka, Ph.D. dan presiden / CEO Produce untuk Yayasan Better Health.

"Ketika anak-anak melihat bahwa orang lain biasanya memilih dan menempatkan sayuran pada kompartemen mereka, seperti yang disarankan oleh foto-foto, mereka lebih cenderung untuk mempertimbangkan hal itu juga," sambungnya lagi.

Sebagian ibu rumah tangga menilai, itu hanya kekuatan sugesti. Namun tidak sedikit dari mereka juga berkeputusan untuk mencobanya di rumah. 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar