Rabu, 18 April 2012

Mengurangi Nyeri saat Imunisasi Bayi


 Menyaksikan buah hati mendapat suntikan vaksin sesuatu yang juga menyakitkan bagi orang tua. Namun ada cara sederhana untuk menenangkan dan mengurangi rasa sakit akibat vaksinasi pada bayi dan balita, menurut sebuah studi terbaru.

Dr Harvey Karp, seorang dokter anak yang menulis The Happiest Baby on the Block memperkenalkan metode yang dikenal sebagai 5 S, yaitu lima cara untuk mengurangi rasa sakit bayi saat divaksin.

Caranya, adalah membungkus atau membedong bayi dengan selimut, meletakkan tubuh bayi miring, menggendong sambil menggoyangkan bayi, mendekatkan mereka pada perut dan dada orang tua serta orang tua yang mengeluarkan suara (shusing) saat bayi divaksin.

Karp mengatakan metode ini juga dapat digunakan untuk menenangkan bayi rewel atau mengalami kolik, sebab meniru sensasi yang dirasakan bayi dalam rahim ibu. 

Para peneliti dari Rumah Sakit Anak Putri Raja di Norfolk menguji metode ini pada 230 bayi berusia 2-4 bulan yang akan diberi vaksinasi. 

Bayi dibagi menjadi empat kelompok. Kelompok pertama diberi air putih sebelum disuntik, satu kelompok diberi air gula karena diperkirakan air gula mengurangi rasa sakit pada bayi. Kedua kelompok dihibur oleh orangtua 

Pada dua kelompok lain, bayi yang mendapat air putih atau air gula dihibur oleh orangtua mereka menggunakan metode d5S.

Pengamat mengamati tanda-tanda kesakitan, tangisan bernada tinggi, meringis, merintih dan menilai rasa sakit. Kesimpulannya, bayi yang dihibur orangtua dengan metode 5 S memiliki rasa sakit terendah, bahkan bila mereka hanya diberikan air putih. 

"Sejujurnya, saya seorang yang tak percaya, itulah sebabnya saya melakukan studi ini," kata Dr John Harrington kepada New York Times.

"Tapi ternyata anak yang dibedong, ditempatkan dalam posisi berbaring menyamping dan orang tua yang mengeluarkan suara-suara di dekat telinga mereka, bayi secara refleks lebih tenang." katanya.

Studi ini dimuat dalam jurnal Pediatric. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar