Sabtu, 07 Januari 2012

Terlalu Banyak Minum Susu, malah Kurang Baik


Sering kita mendengar orangtua yang menawarkan, kadang sedikit 'memaksa' Anak untuk meminum Susu. Selain rasanya yang gurih, susu memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin D dan kalsiumnya yang tinggi membuat susu merupakan asupan yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata ada batasan dalam konsumsi susu sehari-hari, khususnya susu hewani seperti susu sapi? Berdasarkan penelitian yang dilakukan Jonathon Maguire, pakar kesehatan anak dari rumah sakit St. Michael's Toronto, Kanada, anak-anak usia 4 – 12 tahun membutuhkan maksimal 2 gelas susu dalam sehari.

Mengapa hanya 2 gelas sehari? Menurut Jonathon, susu memang memenuhi kebutuhan vitamin D yang baik bagi tulang dan gigi. Tetapi bila dikonsumsi terlalu banyak, susu akan memberikan efek buruk bagi darah. Berdasarkan penelitian yang ia lakukan pada 3.800 anak di Kanada, Jonathon menemukan fenomena berkurangnya kadar zat besi dalam darah pada anak yang mengonsumsi susu lebih dari dua gelas setiap hari. Risiko kurangnya zat besi dalam tubuh, bisa menyebabkan radang usus, kelelahan menahun, hingga gagal jantung.

“Penelitian ini sukses membuktikan apa pun yang dikonsumsi secara berlebihan memang tidak baik bagi tubuh, tidak terkecuali susu segar ataupun olahan. Jadi, konsumsilah susu hanya sekitar 470 mililiter atau setara dengan dua gelas tiap harinya,” tegas Jonathon

ref

Tidak ada komentar:

Posting Komentar