Rabu, 14 Maret 2012

Mengajarkan Berhitung Pada Anak

MENGUKUR PANJANG

Menjelaskan konsep “sepanjang apa” dan “setinggi apa”.

Balap Ular. Ambil lilin mainan sebesar bola untuk Anda dan si kecil. Pada hitungan ketiga, gulung lilin hingga berbentuk panjang seperti ular. Setelah 15 detik, jajarkan ular buatan si kecil di samping milik Anda, lalu bandingkan mana yang lebih panjang.

Langkah demi Langkah. Di tempat parkir, tanyakan kepadanya, “Menurutmu perlu berapa langkah untuk sampai di toko?” Hitung jumlah langkah ketika berjalan ke toko. Saat pulang, hitung lagi dengan suara keras bersamanya, lalu bandingkan mana yang lebih banyak.

Berapa Daun. Cari daun yang besar di taman atau di pekarangan. Tanyakan, “Kira-kira harus mengumpulkan berapa daun untuk menjadi setinggi kamu?” Ajak juga dia menggunakan daun untuk mengukur benda lain, seperti bangku atau ayunan.

BERAT

Jangan hanya bicara ukuran –biarkan anak merasakan sendiri perbedaan berat.

Si Tukang Bersih-bersih. Minta dia untuk mengisi dua wadah berukuran sama dengan mainan atau balok, lalu angkut ke atas timbangan. Tanyakan, “Dari kedua ini, mana yang lebih berat? Ayo, kita cek.” Tunjukkan angka pada timbangan, dan jelaskan mengapa ini bisa terjadi.

Memilih Labu. Ketika membeli labu, ajak anak membawa labu yang kecil. Lalu cari yang besar dan katakan, “Kamu bisa bawa yang itu? Sepertinya lebih berat? Coba lihat, mungkin Ayah bisa.”

Bermain Timbangan. Biarkan dia mengisi buah-buahan ke dalam plastik sebelum ditimbang. Jelaskan kepadanya untuk menaruh satu persatu agar hasil timbangan bisa pas.

MEMBANDINGKAN DAN MEMBEDAKAN

Siap untuk matematika yang lebih rumit?

Barisan Boneka. Susun beberapa baris kursi. Minta si kecil berpura-pura memberi karcis kereta kepada mainan binatangnya –dan mereka harus didudukkan berurutan, dari yang paling kecil ke yang paling besar.

Diagram Lezat. Ambil permen warna-warni M&M, dan tunjukkan cara membuat grafik batang dari permen tersebut. Tanyakan mana warna yang paling banyak dan paling sedikit.

Mencuci Sambil Belajar. Ambil dua handuk yang sama ukurannya. Letakkan berdampingan. Lipat satu handuk memanjang dan handuk lainnya melebar. Tanyakan mana yang lebih panjang, kemudian lakukan sebaliknya dengan handuk yang sama.

WAKTU

Jangan berharap si kecil tahu cara membaca waktu, tapi bantu dia untuk memahaminya.

Kalendar Berantai. Ketika akan ada acara penting, buatlah rantai kertas dimana setiap rantai mewakili satu hari. Suruh anak merobek kertas tersebut begitu satu hari telah berlalu dan minta dia menjelaskan mengapa semakin hari rantai kertas itu menjadi semakin pendek.

Mengurutkan Foto. Ambil serangkaian foto si kecil dalam kesehariannya. Mulai dari bangun tidur, sarapan, bermain, makan malam, dan seterusnya. Esok harinya, jajarkan foto-foto tersebut secara tidak berurutan, dan katakan, “Ini foto-foto kemarin. Kamu bisa bantu mengurutkan semua foto ini? Apa yang pertama kamu lakukan? Lalu?”

Waktu untuk Camilan. Berikan crackers kepada si kecil sebagai camilan. Lalu buah-buahan. Selanjutnya, tanyakan, “Mana yang lebih lama habis? Mana yang lebih cepat habis?”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar