Sabtu, 03 Desember 2011

ASI terbukti Menaikkan IQ anak

ASI adalah makanan dan minuman terbaik untuk bayi. Masih meragukannya? Penelitian terbaru menunjukkan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif akan tumbuh menjadi anak yang lebih pintar dalam membaca, menulis dan matematika.

Dilansir Daily Mail, penelitian tersebut dibuat oleh Oxford University dan Institute for Social and Economic Research. Ada lebih dari 10 ribu anak yang menjadi responden penelitian itu.

Dalam penelitian itu, peneliti melihat skor tes murid-murid yang dulu mendapatkan ASI sampai usia mereka empat minggu dan dibandingkan dengan murid-murid yang diberi susu formula sejak baru lahir.

Menurut hasil penelitian tersebut, bayi yang mendapatkan ASI eksklusif akan tumbuh menjadi anak yang lebih pintar. IQ bayi ASI lebih tinggi 3-5 poin ketimbang yang tidak disusui.

Begitu hebatnya ASI, efeknya langsung terlihat pada bayi yang baru empat minggu disusui ibu. Berdasarkan penelitian tersebut efek bayi ASI terlihat saat anak duduk di sekolah dasar. Anak yang waktu bayi mendapat ASI eksklusif, lebih pintar membaca, menulis dan matematika di usia 5, 7, 11 dan 14 tahun.

Salah satu peneliti, Maria Iacovou menjelaskan, asam lemak rantai panjang (long-chain fatty acids) yang terkandung di dalam ASI membuat otak bayi berkembang. Tak hanya itu, menyusui juga membuat ikatan antara ibu dan anak lebih kuat.

Bukan hanya untuk bayi, menyusui juga berguna bagi para ibu. Dengan menyusui, ibu bisa lebih terlindungi dari ancaman kanker ovarian dan payudara. Mengapa? Karena dengan menyusui memiliki efek pada keseimbangan hormon wanita.

Selain efek kesehatan, menyusui membantu ibu menurunkan berat badan usai melahirkan. Saat menyusui, 500 kalori terbakar setiap harinya. Bagaimana, semakin yakin dengan manfaat ASI?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar