Jumat, 06 April 2012

Anak ingin Hewan Peliharaan, Apa Saja Manfaatnya...?


ada beberapa manfaat lain yang akan diperoleh anak dari hewan piaraannya.

Mengajarkan tanggungjawab
Memelihara hewan piaraan akan membuat si kecil belajar untuk mengembangkan sikap tanggungjawab. Si kecil akan belajar tentang kehidupan, bahwa untuk dapat hidup dan sehat setiap hewan harus makan, minum, dan bergerak.

Ikan adalah hewan piaraan pertama yang terbaik untuk si kecil, karena akan membuat ia lebih aktif untuk memberi makan ikannya secara teratur. Sementara hewan seperti kucing atau anjing bisa membawa kebersamaan antara anda dan anak anak anda melalui berbagai aktifitas seperti mengajak anjing anda jalan-jalan, serta mengajak anak anda menyiapkan makanan untuk anjing atau kucingnya bersama anda.



Hewan piaraan adalah sahabat anak
Anak akan mencari binatang piaraannya saat ia membutuhkan teman bermain atau sekedar berbagi, sebagai pemberi semangat atau sebagai pelindung mereka. Bahkan sebuah studi mengungkapkan bahwa hewan piaraan seringkali sama pentingnya dengan orangtua, kakak, keluarga, guru dan sahabat bagi anak anda..

Hewan piaraan tidak akan menghakimi atau marah dengan anak anda bahkan saat ia bertingkah menyebalkan. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan self esteem mereka. Bahkan, anak-anak cenderung mempercayakan rahasia dan pikiran-pikiran pribadinya untuk diceritakan pada hewan piaraannya.

Hewan piaraan sebagai obat
Hewan piaraan membantu anak mengembangkan keberanian dan kemampuan sosial nya. Mengembangkan perasaan positif pada hewan piaraan dapat mengobati self-esteemnya serta mambantu meningkatkan komunikasi non-verbal dan sikap empatinya. Sebuah studi pada anak sekolah mengungkapkan bahwa mereka yang mempunyai hewan piaraan cenderung lebih populer diantara teman-temannya serta labih memiliki empati dibandingkan mereka yang tidak punya hewan piaraan.

Hewan piaraan memberi pelajaran hidup
Hewan piaraan sering kali memberikan pelajaran pertama pada anak anda tentang kematian dan perasaan kehilangan. Hewan piaraan juga mengajarkan tentang kesehatan dan sakit pada anak anda. Mengajak anak anda ke dokter hewan untuk memeriksa hewan piaraannya yang sakit memberinya pelajaran bahwa bahkan hewan piaraan juga membutuhkan perawatan kesehatan yang baik pula. Hewan piaraan juga mengajarkan perlunya rasa hormat terhadap mahkluk hidup lain pada anak anda.

Hewan piaraan membawa kegembiraan
Hewan piaraan memberikan rasa kasih sayang tanpa syarat, kesetiaan, dan rasa nyaman pada anak anda. Kegiatan berjalan-jalan dengan hewan piaran juga akan memberi manfaat secara fisik pada anak anda. Tugas memandikan anjing atau menyikat bulu kucing piaraan akan menjadi aktifitas yang menyenangkan untuk anak anda.

Hewan piaraan membuat anak berlatih fisik
Aktifitas fisik akan memberi manfaat sosial, mental, dan fisik pada anak anda. untuk memaksimalkan manfaat ini sangat penting untuk membiasakan anak anda melakukan aktifitas fisik dengan bantuan hewan piaraannya serta mengurangi kebiasaan bermalas-malasan dan berdiam diri dirumah. Sebagai contoh, memiliki hewan piaraan dapat membantu anak untuk lebih aktif melakukan aktifitas fisik diluar yang berguna untuk mengurangi obesitas pada anak.

Meski manfaat memelihara hewan piaraan sedemikian banyaknya bagi anak anda, namun pastikan anda senantiasa mengawasi anak anda dan hewan piaraannya. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar