Selasa, 24 Januari 2012

Sering Main bikin Anak Lebih Cerdas..?


Ingin anak Anda cerdas? Jangan hanya menyuruh mereka duduk di meja belajar dan membaca. Sesekali ajak mereka berolahraga bersama, olahraga berkelompok mungkin akan lebih baik.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan prestasi akademis anak dan remaja.

Seperti dilansir dari Daily Mail, para ilmuwan dari Belanda mengumpulkan data dari 14 penelitian dengan jumlah responden dari 12 hingga 53 ribu anak berusia 6 tahun hingga 18 tahun.

"Menurut hasil penelitian terbaik, kami menemukan bukti kuat adanya hubungan positif aktivitas fisik dengan peningkatan akademis anak," ujar penulis penelitian Dr Amika Singh dari Universitas Vrije di Amsterdam, pada jurnal Archives of Paediatrics & Adolescent Medicine.

Menurutnya, aktivitas fisik membantu kemampuan mental dengan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak sehingga stres akan berkurang dan suasana hati akan meningkat.

Olahraga juga akan meningkatkan faktor pertumbuhan yang membantu menghasilkan sel saraf baru dan membantu menghubungkan kembali neuron.

Karena penelitian dengan kualitas metodologi tinggi yang menghubungkan antara aktivitas fisik dengan kinerja akademik sedikit, "penelitian berkualitas tinggi dibutuhkan untuk mengetahui dosis respon antara aktivitas fisik dengan prestasi akademis sehingga dibutuhkan instrumen pengukuran yang valid dan diakui untuk menilai hubungan ini," paparnya. (adi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar