Kamis, 05 April 2012

Cara Memandikan Bayi



Memandikan bayi baru lahir seringkali membuat banyak orangtua kecil hati. Apalagi di minggu-minggu pertama saat sisa tali pusatnya belum ‘puput’. Ini cara yang tepat.

Pada dasarnya, banyak dokter yang menyarankan untuk tidak memandikan bayi di usia tersebut dengan cara diguyur atau merendam tubuhnya di bak mandi. Bayi cukup dimandikan dengan cara diseka dengan waslap. 

Bila Anda masih ragu dengan caranya, ikuti saja panduan berikut ini:

1. Siapkan dahulu peralatannya seperti: air hangat dalam baskom ukuran sedang, shampo dan sabun bayi, waslap, dan handuk bayi.Pastikan suhu ruang tempat bayi hangat. Jangan sampai suhunya kurang dari 25 derajat C. Letakkan seluruh perlengkapan mandi di tempat yang terjangkau.Tuang air dingin ke dalam bak mandi si kecil, baru kemudian tuangkan air panasnya. Atur suhunya sampai berkisar 29-30 derajat C. Tinggi air kira-kira 5-8 cm dari dasar bak mandi. Bentangkan selembar handuk bersih di atas baby tafel atau meja bayi. Letakkan bayi  di atasnya,

2. Buka bajunya perlahan, bungkuslah dengan handuk dan baringkan di atas alas anti air.

3. Tutupi bagian tubuhnya yang sedang tidak Anda bersihkan dengan handuk agar ia tak kedinginan.

4. Bersihkan kelopak mata bagian atas perlahan dengan waslap yang sudah direndam air hangat dan diperas. 

5. Usap telinga bayi bagian luar. Kemudian, bersihkan dengan waslap lipatan-lipatan di leher, tangan dan kakinya.

6. Beri sedikit shampo di waslap dan gosok sampai keluar busanya, perlahan usapkan pada kepala si kecil. Bersihkan waslap dan usap lembut kembali kepala bayi hingga tak ada busa tersisa.

7. Untuk daerah kelamin, bersihkan dari arah depan ke belakang. Jika bayi Anda laki-laki dan belum disunat, tak perlu menarik ujungnya, cukup bersihkan bagian luarnya saja. Begitupun dengan penis bayi yang telah disunat. Jangan lupa membersihkan bagian bawah buah zakarnya.

Lanjutkan dengan memakaikannya popok dan baju. Jangan lupa untuk menaruh lipatan popok di bawah sisa tali pusat bayi. Nah, sekarang si kecil sudah bersih dan wangi kembali!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar