Rabu, 25 Mei 2011

Agar Bayi Mudah Tidur

BAGI seorang bayi, tidur memiliki manfaat yang sangat besar untuk tumbuh kembangnya. Karena itu, saat tidur pertumbuhan fisik baik pertambahan berat badan, tinggi badan, dan kesehatan bayi terpacu. Untuk itu bayi perlu tidur nyenyak.

Nah, agar bayi Anda bisa tidur nyenyak, berikut beberapa tip yang dapat dilakukan:

1. Bantulah bayi memahami bahwa siang hari saatnya makan dan malam hari saatnya tidur atau istirahat. Cobalah untuk memberi makan bayi setiap tiga jam sekali pada siang hari.

2. Gendonglah bayi pada siang hari. Frekuensi kedekatan dan keakraban yang meningkat bisa memunculkan ketenangan. Bayi yang tenang pada siang hari cenderung tenang juga pada malam hari.

3. Kenyangkan bayi sebelum tidur. Usahakan untuk menyusui bayi hingga kenyang sebelum tidur dan saat bayi terbangun pada malam hari.

4. Kenakan baju bayi yang tepat. Cobalah untuk menggunakan berbagai baju bayi untuk melihat baju apa yang dapat membantunya tidur lebih tenang.

5. Bersihkan badannya terlebih dahulu. Tubuh lengket karena keringat dan kotor sehabis makan dan bermain gampang membuat kulit bayi gatal-gatal sehingga mengganggu tidurnya.

6. Atur suasana kamar sehingga nyaman untuk tidur. Ini meliputi tata cahaya, ventilasi, tata warna, suhu, dan juga keadaan boksnya. Anda bisa meletakkan boks di dalam kamar tidur, di samping ranjang orang tua atau di kamar tersendiri.

7. Rebahkan bayi di tangan ibu. Kehangatan tangan ibu bisa memberikan sentuhan tambahan yang dibutuhkan bayi untuk membantunya tertidur sambil memberikan tepukan lembut di punggung atau bokong bayi.

8. Lakukan buang air sebelum tidur. Celana basah dan kotor bisa mengganggu tidur bayi. Karena itu, usahakan agar bayi buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) sebelum tidur.

9. Agar bayi dapat tidur teratur dan lelap, Anda dapat melakukan beberapa rutinitas. Misalnya mendongeng, bernyanyi, dan mendengar musik.

10. Anda tidak bisa memaksa bayi untuk tidur. Penciptaan lingkungan yang aman dan nyaman adalah cara terbaik untuk membuat bayi lebih cepat tidur dan jangka waktu tidurnya lebih panjang



2 komentar:

  1. wahh.. foto bayine lucu,Bantulah bayi memahami bahwa siang hari saatnya makan dan malam hari saatnya tidur atau istirahat. Cobalah untuk memberi makan bayi setiap tiga jam sekali pada siang hari.... baiklah akan saya bantu...hi hi

    BalasHapus
  2. @Mbah Nekat: nggih mbah monggo....hehe..

    BalasHapus