Kamis, 01 Desember 2011

Waktu Main Ayah-Anak, Kunci Keluarga Bahagia

Lama waktu yang dihabiskan ayah untuk bermain bersama anak-anak mereka merupakan salah satu penentu utama kebahagiaan sebuah keluarga. Studi terbaru dari peneliti Meulborne Australia menemukan, keluarga dengan ayah melewati waktu luang lebih banyak bersama anak-anak tanpa bantuan ibu di dekat mereka cenderung lebih bahagia.

"Anak-anak membutuhkan ayah berada di sekitar mereka dan menjadi bagian kehidupan mereka. Budaya kita hanya membebankan perawatan kepada para ibu," ucap salah satu peneliti Universitas Melbourne, Margot Prior, dikutip Sydney Morning Herald.

Penelitian melibatkan 110 keluarga di Melbourne dengan anak-anak berusia 3-12 tahun. Para ayah dalam studi yang menghabiskan waktu lebih banyak bersama buah hatinya mengaku, merasa anak mereka lebih bahagia sama seperti yang mereka alami. Mereka juga mengaku dapat meningkatkan kemampuan dan berperan dalam merawat anak-anak mereka.

"Perawatan yang dilakukan orang tua merupakan interaksi. Ini berarti ayah bertanggung jawab dalam membuat keputusan bagi anak-anaknya selama waktu itu," kata Prior.

Sebuah survei yang dilakukan Dewan Jasa Keuangan Australia menemukan, 71 persen ayah di Australia menghabiskan waktu kurang dari empat jam sehari bersama anak-anak mereka dibanding 43 persen ibu.

Penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal Early Child Development and Care.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar